REPOSITORY


POLTEKKES KEMENKES JAKARTA II

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Help Information Statistik
Jelajahi ▼
Subject Year Author Prodi Jurusan Jenis
Home
Beranda Bantuan Informasi Statistik
No image available for this title
Penanda Bagikan

Karya Tulis Ilmiah

STUDI DESKRIPTIF PENGETAHUAN, SIKAP MURID, DAN PEMBINAAN GURU TERHADAP PERILAKU MEMBUANG SAMPAH DI SMP NEGERI 29 JAKARTA SELATAN TAHUN 2024

Choirun Nisa Nurfilastri - Nama Orang; Fitri Andayani - Nama Orang; Endang Uji Wahyuni - Nama Orang;

Sampah merupakan salah satu faktor yang menyebabkan lingkungan hidup yang sampai saat ini tetap menjadi salah satu masalah besar, yang mana dampak negatif yang ditimbulkan selain menurunkan higienitas dan kualitas lingkungan. Definisi sampah menurut Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 18 Tahun 2008 Tentang Pengelolaan Sampah (1) adalah sisa kegiatan sehari-hari manusia dan/atau proses alam yang berbentuk padat.rnSampah semakin lama menumpuk dan tidak diolah akan menimbulkan masalah seperti gangguan estetika, mengganggu pemandangan dan juga bisa sebagai tempat perindukan vektor penyait seperti lalat, kecoa dan tikus, serta gangguan kesehatan diantaranya diare dan chlorea. Berdasarkan hal tersebut perlu adanya sebuah upaya untuk menjaga lingkungan, memperbaiki kualitas alam serta mencegah timbulnya suatu penyakit.rnBerdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, untuk mengevaluasi pengetahuan, sikap murid terhadap perilaku membuang sampah di SMP Negeri 29 Jakarta Selatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 78 responden, 7,7% murid memiliki perilaku membuang sampah yang kurang baik, sedangkan 92,3% lainnya menunjukkan perilaku yang sudahbaik. Faktor predisposisi, seperti pengetahuan murid mengenai membuang sampah, berperan penting dalam hasil ini. Sebanyak 71 murid memiliki pengetahuan yang baik tentang membuang sampah yang baik, sedangkan 7 murid memiliki pengetahuan yang masih kurang.rnPenelitian dengan judul “Studi Deskriptif Pengetahuan, Sikap Murid, Dan Pembinaan Guru Terhadap Perilaku Membuang Sampah Di SMP Negeri 29 Jakarta Selatan Tahun 2024”. Penelitian bertujuan untuk mengetahui gambaran mengenai membuang sampah di SMP Negeri 29 Jakarta Selatan Tahun 2024. Ruang lingkup pada penelitian ini meliputi Pengetahuan, Sikap dan Tindakan, Prasana dan Sarana (Tempat Sampah, Gerobak Sampah, TPS, Alat Kebersihan dan Alat Pelindung Diri), Pembinaan Guru, Peraturan penunjang terhadap membuang sampah.rnHasil yang diperoleh dalam membuang sampah di SMP Negeri 29 Jakarta Selatan pada Sarana dan Prasarana di SMP Negeri 29 Jakarta Selatan yang tidak memenuhi syarat kesehatan yaitu tempat sampah, gerobak sampah, TPS dan APD. Pada pembinaan guru dalam membuang sampah kepada murid sudah baik. Belum ada peraturan tertulis di SMP Negeri 29 Jakarta Selatan.rnBerdasarkan hasil penelitian tentang pengetahuan, sikap murid, dan pembinaan guru terhadap perilaku membuang sampah di SMP Negeri 29 Jakarta Selatan Tahun 2024, dapat disimpulkan bahwa perilaku murid dalam membuang sampah masih kurang memadai, dengan persentase 12,8% siswa yang memiliki kebiasaan membuang sampah kurang baik, sementara 87,2% lainnya masih membuang sampah dengan baik. Meskipun demikian, tingkat pengetahuan siswa tentang cara membuang sampah yang baik berada pada kategori tinggi, yaitu sebesar 91%, yang menunjukkan bahwa murid telah memahami pentingnya membuang sampah pada tempatnya, meskipun hal ini belum sepenuhnya diterapkan dalam tindakan mereka. Sikap murid terhadap kebersihan sebagian besar positif, dengan 80,8% siswa memiliki sikap baik dalam membuang sampah, namun masih ada 19,2% yang menunjukkan sikap kurang baik. Di sisi lain, sarana dan prasarana kebersihan di sekolah, seperti tempat sampah, gerobak sampah, alat pelindung diri (APD), dan tempat penampungan sementara (TPS), belum memadai, yang menjadi salah satu kendala dalam pengelolaan sampah yang efektif. Pembinaan dari guru juga masih perlu ditingkatkan, karena hanya 51,7% guru yang memberikan pembinaan secara optimal, sementara 48,3% lainnya masih kurang maksimal dalam perannya. Keseluruhan temuan ini menunjukkan adanya kesenjangan antara pengetahuan dan perilaku siswa, serta perlunya pendekatan komprehensif yang melibatkan penyediaan sarana memadai, penguatan pembinaan guru, dan penerapan sanksi serta penghargaan untuk mendorong perubahan perilaku siswa ke arah yang lebih positif, sehingga tercipta lingkungan sekolah yang bersih dan nyaman.


Ketersediaan

Tidak ada salinan data

Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
-
Penerbit
Jakarta : Jurusan Kesehatan Lingkungan., 2024
Deskripsi Fisik
xix + 73 pages: illustration; 4 x 4cm.
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Sampah Organik
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Choirun Nisa Nurfilastri
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Fullteks
  • Cover Abstrak
  • Bab1
  • Bab2
  • Bab3
  • Bab4
  • Bab5
  • Bab6
  • Bab7
  • Bab8
  • Daftar Pustaka
  • Lampiran
  • Naskah Publikasi
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar


NPP 3174072C0000001

Link

  • Web Utama
  • Web Perpustakaan
  • Repository
  • KINK
  • Eresources PNRI

Kontak Kami

Perpustakaan Poltekkes Kemenkes Jakarta II
Jalan Hang Jebat III/F3 Kebayoran Baru Jakarta 12120

Telp.: +6221-7397641
Email: perpus@poltekkesjkt2.ac.id

Cari


Download

Tumbuh Bersama

Tumbuh bersaama kami dengan pengetahuan yang menakjubkan

Temukan, Pelajari, Berkembang

Perpustakaan, Membangkitkan Keajaiban Lintas Generasi

Nyalakan Masa Depan Anda

Alat dan Panduan untuk Perjalanan Setiap Pembelajar

Baca. Jelajahi. Raih

Dimana Imajinasi Menjadi Kenyataan


Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik