Karya Tulis Ilmiah
Efektivitas Media Lembar Balik “Isi Piringku” Terhadap Peningkatkan Pengetahuan, Sikap Dan Perilaku Gizi Seimbang Siswa Kelas 2 SMP Negeri 191 Jakarta Barat
ABSTRAKrnrnPROGRAM STUDI DIPLOMA III GIZIrnJURUSAN GIZIrnPOLITEKNIK KESEHATAN KEMENKES JAKARTA IIrnTUGAS AKHIR, TAHUN 2025rnrnALMA HERArnEFEKTIVITAS MEDIA LEMBAR BALIK “ISI PIRINGKU” TERHADAP PENINGKATKAN PENGETAHUAN, SIKAP DAN PERILAKU GIZI SEIMBANG SISWA KELAS 2 SMP NEGERI 191 JAKARTA BARATrnV BAB, 96 Halaman, 31 Tabel, 3 Gambar, 10 LampiranrnRemaja merupakan kelompok usia yang mengalami pertumbuhan pesat dan membutuhkan asupan gizi seimbang. Namun, masalah gizi seperti malnutrisi dan obesitas masih banyak dijumpai pada remaja Indonesia. Salah satu penyebabnya adalah rendahnya pengetahuan dan sikap terhadap pola makan sehat. Oleh karena itu, edukasi gizi yang menarik dan sesuai karakteristik siswa diperlukan untuk meningkatkan pengetahuan dan membentuk sikap serta perilaku makan yang lebih baik. Salah satu media edukasi yang dapat digunakan adalah media lembar balik yang bersifat visual, praktis, dan mudah dipahami. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas media lembar balik dalam penyuluhan gizi dengan pendekatan “Isi Piringku” terhadap peningkatan pengetahuan, sikap, dan perilaku gizi seimbangt pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 191 Jakarta Barat. Penelitian ini menggunakan desain quasi experiment dengan rancangan non-equivalent control group. Sampel terdiri dari dua kelompok, yaitu kelompok perlakuan (diberi penyuluhan menggunakan media lembar balik) dan kelompok kontrol (penyuluhan tanpa media), total 69 siswa. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner pengetahuan, sikap, perilaku dan Food Frequency Questionnaire (FFQ). Hasil menunjukkan bahwa terdapat peningkatan rat-rata pengetahuan secara signifikan antara kelompok perlakuan dengan media dan kelompok kontrol. Pada nilai sikap dan perilaku makan tidak terdapat perbedaan secara signifikan antara kelompok perlakuan dan kelompok kontrol. Hal ini menunjukkan bahwa penyuluhan menggunakan media lembar balik efektif meningkatkan pengetahuan, namun belum berdampak nyata terhadap perubahan sikap dan perilaku makan. Media lembar balik efektif digunakan dalam penyuluhan gizi untuk meningkatkan pengetahuan, namun perubahan sikap dan perilaku membutuhkan pendekatan yang lebih intensif dan berkelanjutan.rnKata Kunci : Lembar Balik, Pengetahuan, Sikap, Perilaku rnDaftar Pustaka : 20 bacaan (2006-2024)
Tidak tersedia versi lain