REPOSITORY


POLTEKKES KEMENKES JAKARTA II

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Help Information Statistik
Jelajahi ▼
Subject Year Author Prodi Jurusan Jenis
Home
Beranda Bantuan Informasi Statistik
Image of PERBEDAAN PERUBAHAN PENGETAHUAN SEBELUM DAN SESUDAH PENYULUHAN GIZI TENTANG PEDOMAN GIZI SEIMBANG MENGGUNAKAN MEDIA TIKTOK DAN MEDIA LEAFLET PADA KELAS VIII SMP NEGERI 169 - JAKARTA BARAT
Penanda Bagikan

Skripsi

PERBEDAAN PERUBAHAN PENGETAHUAN SEBELUM DAN SESUDAH PENYULUHAN GIZI TENTANG PEDOMAN GIZI SEIMBANG MENGGUNAKAN MEDIA TIKTOK DAN MEDIA LEAFLET PADA KELAS VIII SMP NEGERI 169 - JAKARTA BARAT

Robithah Childa Mawarni - Nama Orang; Syarief Darmawan - Nama Orang; Moesijanti Y.E Soekatri - Nama Orang;

Pengetahuan tentang gizi merupakan faktor penting yang turut memengaruhi status gizi pada remaja. Salah satu cara untuk meningkatkan pemahaman remaja mengenai gizi seimbang adalah melalui edukasi dengan pendekatan metode dan media yang sesuai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pengetahuan siswa sebelum dan sesudah diberikan penyuluhan pesan umum gizi seimbang menggunakan media TikTok dan leaflet. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen dengan rancangan Two Group Pre-test Post-test Design dan melibatkan 62 siswa kelas VIII SMP Negeri 169 rnJakarta yang dipilih melalui simple random sampling. Mayoritas responden berjenis kelamin laki-laki (53,2%) dan berusia 14 tahun (64,5%). Pendidikan orang tua sebagian besar berada pada kategori menengah. Sebelum intervensi leaflet, skor pengetahuan terbanyak adalah 55 (32,3%), kemudian meningkat menjadi 100 (38,7%). Pada kelompok TikTok, skor 60 (19,4%) meningkat signifikan menjadi 100 (71,0%). Uji Mann-Whitney U menunjukkan perbedaan pengetahuan yang signifikan (p = 0,017), rndengan mean rank TikTok 36,50 dan leaflet 26,50. Hasil ini menunjukkan kedua media dapat meningkatkan pengetahuan, namun TikTok memberikan peningkatan yang lebih besar. Penelitian lanjutan disarankan dengan durasi dan metode intervensi yang lebih optimal.


Ketersediaan
#
Kampus A 001.43 GZ-D4-2025 Rob p
AK00000000544575
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
001.43 GZ-D4-2025 Rob p
Penerbit
Jakarta : Jurusan Gizi., 2025
Deskripsi Fisik
12 + 82pages: 21 x 30cm.
Bahasa
English
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
001.43
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Penyuluhan Gizi
Pedoman Gizi Seimbang
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Robithah Childa Mawarni
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
  • Cover Abstrak
  • Bab1
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
  • Bab5
  • Daftar Pustaka
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar


NPP 3174072C0000001

Link

  • Web Utama
  • Web Perpustakaan
  • Repository
  • KINK
  • Eresources PNRI

Kontak Kami

Perpustakaan Poltekkes Kemenkes Jakarta II
Jalan Hang Jebat III/F3 Kebayoran Baru Jakarta 12120

Telp.: +6221-7397641
Email: perpus@poltekkesjkt2.ac.id

Cari


Download

Tumbuh Bersama

Tumbuh bersaama kami dengan pengetahuan yang menakjubkan

Temukan, Pelajari, Berkembang

Perpustakaan, Membangkitkan Keajaiban Lintas Generasi

Nyalakan Masa Depan Anda

Alat dan Panduan untuk Perjalanan Setiap Pembelajar

Baca. Jelajahi. Raih

Dimana Imajinasi Menjadi Kenyataan


Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik