Skripsi
PERBEDAAN PERUBAHAN PENGETAHUAN SEBELUM DAN SESUDAH PENYULUHAN GIZI TENTANG PEDOMAN GIZI SEIMBANG MENGGUNAKAN MEDIA TIKTOK DAN MEDIA LEAFLET PADA KELAS VIII SMP NEGERI 169 - JAKARTA BARAT
Pengetahuan tentang gizi merupakan faktor penting yang turut memengaruhi status gizi pada remaja. Salah satu cara untuk meningkatkan pemahaman remaja mengenai gizi seimbang adalah melalui edukasi dengan pendekatan metode dan media yang sesuai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pengetahuan siswa sebelum dan sesudah diberikan penyuluhan pesan umum gizi seimbang menggunakan media TikTok dan leaflet. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen dengan rancangan Two Group Pre-test Post-test Design dan melibatkan 62 siswa kelas VIII SMP Negeri 169 rnJakarta yang dipilih melalui simple random sampling. Mayoritas responden berjenis kelamin laki-laki (53,2%) dan berusia 14 tahun (64,5%). Pendidikan orang tua sebagian besar berada pada kategori menengah. Sebelum intervensi leaflet, skor pengetahuan terbanyak adalah 55 (32,3%), kemudian meningkat menjadi 100 (38,7%). Pada kelompok TikTok, skor 60 (19,4%) meningkat signifikan menjadi 100 (71,0%). Uji Mann-Whitney U menunjukkan perbedaan pengetahuan yang signifikan (p = 0,017), rndengan mean rank TikTok 36,50 dan leaflet 26,50. Hasil ini menunjukkan kedua media dapat meningkatkan pengetahuan, namun TikTok memberikan peningkatan yang lebih besar. Penelitian lanjutan disarankan dengan durasi dan metode intervensi yang lebih optimal.
Tidak tersedia versi lain