REPOSITORY


POLTEKKES KEMENKES JAKARTA II

Search by :

ALL Author Subject ISBN/ISSN Advanced Search

Last search:

{{tmpObj[k].text}}
Help Information Statistik
Jelajahi ▼
Subject Year Author Prodi Jurusan Jenis
Home
Home Help Information Statistik
Image of PERBEDAAN PERUBAHAN PENGETAHUAN SEBELUM DAN SESUDAH PENYULUHAN GIZI TENTANG PEDOMAN GIZI SEIMBANG MENGGUNAKAN MEDIA TIKTOK DAN MEDIA LEAFLET PADA KELAS VIII SMP NEGERI 169 - JAKARTA BARAT
Bookmark Share

Skripsi

PERBEDAAN PERUBAHAN PENGETAHUAN SEBELUM DAN SESUDAH PENYULUHAN GIZI TENTANG PEDOMAN GIZI SEIMBANG MENGGUNAKAN MEDIA TIKTOK DAN MEDIA LEAFLET PADA KELAS VIII SMP NEGERI 169 - JAKARTA BARAT

Robithah Childa Mawarni - Personal Name; Syarief Darmawan - Personal Name; Moesijanti Y.E Soekatri - Personal Name;

Pengetahuan tentang gizi merupakan faktor penting yang turut memengaruhi status gizi pada remaja. Salah satu cara untuk meningkatkan pemahaman remaja mengenai gizi seimbang adalah melalui edukasi dengan pendekatan metode dan media yang sesuai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pengetahuan siswa sebelum dan sesudah diberikan penyuluhan pesan umum gizi seimbang menggunakan media TikTok dan leaflet. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen dengan rancangan Two Group Pre-test Post-test Design dan melibatkan 62 siswa kelas VIII SMP Negeri 169 rnJakarta yang dipilih melalui simple random sampling. Mayoritas responden berjenis kelamin laki-laki (53,2%) dan berusia 14 tahun (64,5%). Pendidikan orang tua sebagian besar berada pada kategori menengah. Sebelum intervensi leaflet, skor pengetahuan terbanyak adalah 55 (32,3%), kemudian meningkat menjadi 100 (38,7%). Pada kelompok TikTok, skor 60 (19,4%) meningkat signifikan menjadi 100 (71,0%). Uji Mann-Whitney U menunjukkan perbedaan pengetahuan yang signifikan (p = 0,017), rndengan mean rank TikTok 36,50 dan leaflet 26,50. Hasil ini menunjukkan kedua media dapat meningkatkan pengetahuan, namun TikTok memberikan peningkatan yang lebih besar. Penelitian lanjutan disarankan dengan durasi dan metode intervensi yang lebih optimal.


Availability
#
Kampus A 001.43 GZ-D4-2025 Rob p
AK00000000544575
Available
Detail Information
Series Title
-
Call Number
001.43 GZ-D4-2025 Rob p
Publisher
Jakarta : Jurusan Gizi., 2025
Collation
12 + 82pages: 21 x 30cm.
Language
English
ISBN/ISSN
-
Classification
001.43
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
Penyuluhan Gizi
Pedoman Gizi Seimbang
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility
Robithah Childa Mawarni
Other version/related

No other version available

File Attachment
  • Please login to see this attachment
  • Cover Abstrak
  • Bab1
  • Please login to see this attachment
  • Please login to see this attachment
  • Please login to see this attachment
  • Bab5
  • Daftar Pustaka
  • Please login to see this attachment
Comments

You must be logged in to post a comment


NPP 3174072C0000001

Link

  • Web Utama
  • Web Perpustakaan
  • Repository
  • KINK
  • Eresources PNRI

Kontak Kami

Perpustakaan Poltekkes Kemenkes Jakarta II
Jalan Hang Jebat III/F3 Kebayoran Baru Jakarta 12120

Telp.: +6221-7397641
Email: perpus@poltekkesjkt2.ac.id

Search


Download

Tumbuh Bersama

Tumbuh bersaama kami dengan pengetahuan yang menakjubkan

Temukan, Pelajari, Berkembang

Perpustakaan, Membangkitkan Keajaiban Lintas Generasi

Nyalakan Masa Depan Anda

Alat dan Panduan untuk Perjalanan Setiap Pembelajar

Baca. Jelajahi. Raih

Dimana Imajinasi Menjadi Kenyataan


Select the topic you are interested in
  • Computer Science, Information & General Works
  • Philosophy & Psychology
  • Religion
  • Social Sciences
  • Language
  • Pure Science
  • Applied Sciences
  • Art & Recreation
  • Literature
  • History & Geography
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Advanced Search