Skripsi
PERBEDAAN PENGETAHUAN, SIKAP, DAN TINDAKAN DALAM MENGKONSUMSI ASUPAN ENERGI DAN ZAT GIZI MAKRO SEBELUM DAN SESUDAH DIBERIKAN PENYULUHAN ISI PIRINGKU DENGAN BANTUAN MEDIA PERMAINAN BAAMBOOZLE PADA SISWA/I KELAS VIII SMP AN NURMANIYAH KOTA TANGERANG
PROGRAM STUDI SARJANA TERAPAN GIZI DAN DIETETIKArnJURUSAN GIZIrnPOLITEKNIK KESEHATAN KEMENKES JAKARTA IIrnSKRIPSI, TAHUN 2025rnABSTRAKrnNUR INDAHTUZZAHRA rn“PERBEDAAN PENGETAHUAN, SIKAP, DAN TINDAKAN DALAM MENGKONSUMSI ASUPAN ENERGI DAN ZAT GIZI MAKRO SEBELUM DAN SESUDAH DIBERIKAN PENYULUHAN ISI PIRINGKU DENGAN BANTUAN MEDIA PERMAINAN BAAMBOOZLE PADA SISWA/I KELAS VIII SMP AN NURMANIYAH KOTA TANGERANG”rnxiv, V BAB, 84 HALAMAN, 13 TABEL, 18 LAMPIRANrnRemaja Indonesia saat ini sedang menghadapi tiga masalah gizi (Triple burden of malnutrition) yaitu kekurangan gizi, kelebihan berat badan, dan kekurangan zat gizi mikro. Masalah gizi pada remaja akan berdampak buruk pada tingkat kesehatan. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan pengetahuan gizi dengan memberikan edukasi tentang gizi sehingga dapat memberikan gambaran dan pemahaman dalam memilih makanan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan pengetahuan, sikap, dan Tindakan dalam mengkonsumsi asupan energi dan zat gizi makro sebelum dan sesudah edukasi “isi piringku” dengan bantuan media permainan bamboozle pada siswa/I kelas VIII SMP AN Nurmaniyah. Penelitian ini merupakan Pra-Experimental Designs. Desain penelitiannya yaitu One Group Pre and Post test. Penelitian ini menggunakan alat bantu kuesioner karakteristik, pengetahuan, sikap, formulir food recall 24 jam, dan buku foto makanan. Responden dalam penelitian ini berjumlah 62 siswa/I di SMP AN-Nurmaniyah yang diambil secara Purposive sampling sesuai kriteria inklusi dan eksklusi. Berdasarkan hasil uji paired t-tes dan uji wilxocon menunjukan bahwa ada perbedaan pengetahuan (p=0,000), sikap (p=0,000), asupan energi (p=0,000), asupan protein (p=0,000), asupan lemak (p=0,000), dan asupan karbohidrat (p=0,000) sebelum dan sesudah diberikan edukasi tentang isi piringku dengan media permainan bamboozle. Pemberian edukasi tentang isi piringku dengan media permainan bamboozle dapat meningkatkan pengetahuan, sikap, asupan zat gizi. Oleh karena itu, edukasi isi piringku dapat dilakukan berkelanjutan sebagai upaya pencegahan terhadap masalah gizi pada anak usia sekolah. rnKata Kunci : Pengetahuan, Sikap, Asupan Zat Gizi, Isi Piringku, dan Media Permainan Baamboozle rnDaftar Pustaka : 43 (2012-2024)
Tidak tersedia versi lain