Skripsi
PERUBAHAN PENGETAHUAN DAN SIKAP SETELAH DIBERIKAN EDUKASI TUMPENG GIZI SEIMBANG DENGAN MEDIA KOMIK PADA SISWA KELAS 5 SDN PESANGGRAHAN 09 PAGI
Berdasarkan data Riskesdas 2018 menunjukkan bahwa masih terdapat masalah gizi yang signifikan pada anak usia 5 hingga 12 tahun di seluruh Indonesia. Prevalensi status gizi berdasarkan IMT/U secara nasional yaitu kurus 6,8%, gemuk 10,8%, dan obesitas 9,2%, prevalensi obesitas dan gizi lebih di Jakarta Selatan melebihi angka nasional, dengan rendahnya konsumsi buah dan sayur serta aktivitas fisik. Anak usia sekolah menjadi kelompok yang rentan karena pola makan yang belum seimbang dan kurangnya edukasi gizi. Salah satu upaya preventif adalah pemberian pendidikan gizi melalui media yang menarik bagi anak, seperti komik. Tujuan: Mengetahui perbedaan perubahan tingkat pengetahuan dan sikap tentang tumpeng gizi seimbang setelah diberikan edukasi dengan media komik pada siswa kelas 5 di SDN Pesanggrahan 09 Pagi. Metode: Penelitian ini dilakukan dengan desain penelitian One Group Pre-test-Post-test dengan pengambilan sampel menggunakan simple random sampling sebanyak 43 orang. Pengambilan data pengetahuan dan sikap diperoleh dengan pengisian kuesioner pre-test dan post-test. Hasil dan kesimpulan: Adanya peningkatan yang signifikan pada tingkat pengetahuan siswa setelah diberikan edukasi melalui media komik, dengan nilai p = 0,001. Rata-rata skor pengetahuan meningkat dari 54,3 pada saat pre-test menjadi 80,35 pada post-test, dengan selisih sebesar 26,05 poin. Pada aspek sikap, nilai p = 0,001 menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara sebelum dan sesudah intervensi, dengan rata-rata skor meningkat dari 35,35 menjadi 42,07, dan selisih sebesar 6,72 poin.
Tidak tersedia versi lain