Skripsi
PERBEDAAN PENGETAHUAN DAN SIKAP SEBELUM DAN SESUDAH DIBERIKAN EDUKASI TENTANG GIZI SEIMBANG DAN AKTIVITAS FISIK DENGAN MEDIA ENGKLEK DALAM UPAYA PENCEGAHAN OBESITAS PADA SISWA KELAS IV SDN KEMANGGISAN 01 PAGI JAKARTA BARAT
Menurut UNICEF obesitas dan kelebihan berat badan merupakan ancaman yang semakin besar terhadap kesejahteraan anak–anak secara globalyang sebagian besar disebabkan oleh konsumsi makanan yang tidak sehat dan banyak diproses, ditambah dengan kurangnya aktivitas fisik dan perilaku sedentari. Tujuan untuk mengetahui perbedaan pengetahuandan sikap sebelum dan sesudah diberikan edukasi tentang gizi seimbang dan aktivitas fisik melalui media engklek dalam upaya pencegahan obesitas. Jenis Penelitian yang digunakan desainPra–Eksperimentdengan rancangan penelitian yang digunakan adalah One Group Pre-test Post-test.Jumlah sampelpada penelitian ini sebanyak30 responden.Hasil penelitian menunjukkan bahwa adaperbedaan yang bermakna pada pengetahuan responden sebelum dan sesudah diberikan edukasi gizi seimbang dan aktivitas fisik dengan media engklek didapatkan nilai p = 0,000 ( p < 0,05 ) menggunakan uji Wilcoxon Signed RankTestdan ada perbedaan yang bermakna sikap responden sebelum dan sesudah diberikan edukasi gizi seimbang dan aktivitas fisik dengan media engklek didapatkan nilai p = 0,000 ( p < 0,05) menggunakan uji Paired sample T-test
Tidak tersedia versi lain