Skripsi
PERBEDAAN PENGETAHUAN ASUPAN ENERGI DAN ZAT GIZI MAKRO SEBELUM DAN SESUDAH DIBERIKAN PENYULUHAN TENTANG PENTINGNYA SARAPAN DENGAN MEDIA BOOKLET PADA SISWA/I KELAS VIII DI SMPN 259 JAKARTA TIMUR
Sarapan berperan dalam mewujudkan gizi seimbang serta mendukung konsentrasi belajar siswa. Namun, masih banyak remaja yang melewatkan sarapan karena kurangnya pengetahuan gizi. Perilaku ini berdampak pada ketidakseimbangan asupan energi dan zat gizi makro. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pengetahuan, asupan energi, dan zat gizi makro sebelum dan sesudah diberikan penyuluhan tentang pentingnya sarapan melalui media booklet pada siswa/i kelas VIII di SMPN 259 Jakarta Timur. Penelitian ini menggunakan desain pra-eksperimen one group pre-test dan post-test. Sampel terdiri dari 75 siswa kelas VIII yang dipilih secara purposive sampling. Data pengetahuan dikumpulkan melalui kuesioner pre-test dan post-test, sedangkan asupan energi dan zat gizi makro diukur dengan food recall 24 jam sebelum dan sesudah penyuluhan. Analisis data menggunakan uji Wilcoxon dan paired t-test. Hasil analisis menggunakan uji Wilcoxon menunjukkan perbedaan signifikan pada tingkat pengetahuan siswa mengenai sarapan sebelum dan sesudah penyuluhan dengan media booklet .Uji paired t-test menunjukkan adanya peningkatan signifikan pada asupan energi dan karbohidrat setelah intervensi. Namun, hasil yang berbeda ditunjukkan pada asupan protein dan lemak, di mana tidak terdapat perbedaan yang signifikan sebelum dan sesudah penyuluhan. Temuan ini mengindikasikan bahwa penyuluhan dengan media booklet efektif dalam meningkatkan pengetahuan serta sebagian komponen zat gizi makro, khususnya energi dan karbohidrat, pada siswa/i SMPN 259 Jakarta Timur.
Tidak tersedia versi lain