Karya Tulis Ilmiah
Tinjauan Deskriptif Tentang Penyelenggaraan Kesehatan Lingkungan Di SMP - SMA Mojopahit Tangerang Tahun 2018
Kesehatan sekolah diselenggarakan untuk meningkatkan kemampuan hidup sehat peserta didik dalam lingkungan sehingga peserta didik dapat belajar, tumbuh, dan berkembang secara harmonis dan setinggi-tingginya menjadi sumber daya manusia yang berkualitas, yang diselenggarakan melalui sekolah formal dan informal atau melalui lembaga pendidikan yang lain. Oleh karena itu, pelayanan kesehatan terhadap anak didik di sekolah harus dilaksanakan.
Penelitian ini bersifat deskriptif yang bertujuan untuk mengetahui gambaran mengenai upaya penyelenggaraan kesehatan lingkungan di SMP – SMA Mojopahit Tangerang. Sampel yang diambil dalam penelitian ini sebanyak 15 orang untuk pendidik dan tenaga kependidikan serta 107 orang untuk peserta didik.
Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa aspek teknis yang telah memenuhi syarat diantaranya variabel lokasi, ruang bangunan, fasilitas sanitasi sekolah, sarana dan prasarana sekolah serta ventilasi di ruang guru dan kepala sekolah, sedangkan yang tidak memenuhi syarat diantaranya variabel konstruksi bangunan, bebas jentik nyamuk, pencahayaan di ruang perpustakaan, serta ventilasi di ruang kelas dan ruang perpustakaan. Pada aspek sosial diketahui bahwa semua pendidik dan tenaga kependidikan memiliki masa kerja > 3 tahun dan berpendidikan terakhir di perguruan tinggi. Untuk pengetahuan pendidik dan tenaga kependidikan cukup dan baik untuk sikap dan tindakannya. Selain itu, pengetahuan, sikap dan tindakan peserta didik juga bagus. Pada aspek administrasi yg meliputi peraturan, pelaksanaan dan pengawasan mengenai penyelenggaraan kesehatan lingkungan di SMP – SMA Mojopahit belum mengacu pada pedoman yang berlaku yaitu Kepmenkes RI Nomor 1429 Tahun 2006 tentang Pedoman Penyelenggaraan Kesehatan Lingkungan Sekolah.
Saran kepada pihak sekolah untuk aspek teknis yang tidak memenuhi syarat agar segera diperbaiki sesuai dengan peraturan Kepmenkes RI Nomor 1429 Tahun 2006 tentang Pedoman Penyelenggaraan Kesehatan Lingkungan Sekolah. Untuk aspek sosial secara keseluruhan baik sehingga di harapkan untuk dipertahankan dan ditingkatkan lagi. Untuk aspek administrasi disarankan untuk menyusun Tim Pelaksana UKS, membuat ruang UKS serta membuat struktur organisasinya dan bekerjasama dengan Tim Pelaksana UKS di Kecamatan setempat.
Tidak tersedia versi lain