Skripsi
Hubungan Pengetahuan dan Sikap Siswa dengan Penerapan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) Di SD Negeri Cireundeu 01 Tangerang Selatan Tahun 2024
PHBS di sekolah merupakan serangkaian perilaku yang dilakukan atau dilaksanakan peserta didik, guru, serta masyarakat yang berada di lingkungan sekolah dengan kesadaran sebagai pengetahuan hasil pembelajaran. PHBS di sekolah penting untuk mencegah penyakit, menjaga kebersihan, dan meningkatkan konsentrasi belajar siswa, sehingga menciptakan lingkungan yang sehat dan mendukung proses belajar. Diketahui bahwa sekolah belum memiliki program jumantik dan terdapat beberapa fasilitas sekolah dan perilaku siswa yang kurang sesuai dengan aspek kesehatan lingkungan dan perilaku hidup bersih dan sehat. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Hubungan Pengetahuan dan Sikap Siswa dengan Penerapan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di SD Negeri Cireundeu 01 Tangerang Selatan.
Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah cross sectional, karena pengambilan data dilakukan secara serentak di waktu yang bersamaan antara variabel bebas dan variabel terikat. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 5 yang terdaftar di SD Negeri Cireundeu 01 Tangerang Selatan Tahun 2024, dengan besar sampel yaitu sebanyak 70 siswa yang menjadi responden. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Simple Random Sampling dengan menggunakan aplikasi number generator. Penelitian ini dilakukan pada bulan maret - agustus 2024 dengan cara membagikan kuesioner pada seluruh responden. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji chi-square.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengetahuan siswa mengenai PHBS baik yaitu (95,7%), sikap siswa cenderung baik yaitu (98,6%), penerapan PHBS yang baik yaitu (94,3%), penerapan PHBS dengan pengamatan secara langsung yaitu (87,1%), peran guru yang baik menurut sudut pandang siswa yaitu (90%), sarana dan prasarana sanitasi yang memadai yaitu (75%). Didapatkan hasil ada hubungan antara pengetahuan dengan penerapan PHBS (p=0,007), tidak didapatkan hubungan antara sikap dengan penerapan PHBS (p=1,000), dan tidak didapatkan hubungan antara peran guru dengan penerapan PHBS (p=1,000). Maka dari itu hasil penelitian di SD Negeri Cireundeu 01 menunjukkan hubungan signifikan antara pengetahuan siswa dengan penerapan PHBS, namun tidak pada sikap dan peran guru. Sarana sanitasi umumnya memenuhi standar, meski masih ada kekurangan seperti ketersediaan sabun dan tempat sampah yang belum optimal.
Tidak tersedia versi lain