Karya Tulis Ilmiah
Analisis Tingkat Kepusan Pasien Terhadap Pelayanan Radiologi di Rumah Sakit Umum Daerah Tarakan Jakarta
INTISARI
JURUSAN TEKNIK RADIODIAGNOSTIK DAN RADIOTERAPI POLITEKNIK KESEHATAN JAKARTA II KARYA TULIS ILMIAH, 2017 SITI NUR’AIN T. HIOLA (P23130014028)
ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN RADIOLOGI DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH TARAKAN JAKARTA
xiv, V BAB, 54 Halaman , 4 Gambar, 10Tabel, 18Lampiran
Kepuasan adalah suatu nilai perasaan seseorang apakah memuaskan atau mengecewakan yang dihasilkan oleh suatu proses membandingkan keberadaan atau penampilan suatu produk yang diminati terhadap nilai-nilai yang sebelumnya diharapkan. Kepuasan yang dirasakan dapat terlihat dari seberapa baik kualitas pelayanan yang didapatkan.Kualitas pelayanan dinilai melalui lima dimensi yaitu: kehandalan (reliability), jaminan (assurance), bukti langsung (tangible), perhatian (emphaty), dan ketanggapan (responsiveness).Kualitas pelayanan harus dimulai dari kebutuhan pelanggan dan berakhir pada persepsi pelanggan.Hal ini berarti citra kualitas yang baikbukanlah berdasarkan sudut pandang atau persepsi penyedia jasa melainkan berdasarkan sudut pandang atau persepsi pelanggan, oleh karena itu persepsi memiliki sifat subyektif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas pelayanan radiologi terhadap tingkat kepuasan pasien di Rumah Sakit Umum Daerah TarakanTahun 2017. Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitiankuantitatifanalitik dengan pendekatan Cross Sectional, dimana data yang menyangkut variabel bebas dan variabel terikat akan dikumpulkan dalam waktu yang bersamaan. Populasi yang digunakan adalah semua pasien rawat jalan yang dating ke Instalasi Radiologi RSUD Tarakan. Hasil penelitian dengan menggunakan analisa statistic deskriptif diperoleh kelima Dimensi Kualitas Mutu Pelayanan sebagaian besar berada pada kategori baik; Reliability 92%, Asurrance 96%, Tangible 92%, serta Dimensi Emphaty78% dan Responsiveness 66% berada pada kategori sangat baik.
Kesimpulan tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan berdasarkan Index kepuasan pelanggan (pasien) di Instalasi Radiologi RSUD Tarakan adalah sebesar 90%.
Kata Kunci: Radiologi, Kualitas Mutu Pelayanan dan Kepuasan Pasien Daftar Bacaan :20 buah (1996-2013)
Tidak tersedia versi lain