REPOSITORY


POLTEKKES KEMENKES JAKARTA II

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Help Information Statistik
Jelajahi ▼
Subject Year Author Prodi Jurusan Jenis
Home
Beranda Bantuan Informasi Statistik
Image of Gambaran Kepuasan Pasien BPJS Rawat Jalan terhadap Pelayanan Farmasi Rumah Sakit Islam Jakarta Cempaka Putih Tahun 2024
Penanda Bagikan

Karya Tulis Ilmiah

Gambaran Kepuasan Pasien BPJS Rawat Jalan terhadap Pelayanan Farmasi Rumah Sakit Islam Jakarta Cempaka Putih Tahun 2024

Emi Nuraini Purwanti - Nama Orang;

Pendahuluan: Rumah Sakit adalah institusi pelayanan kesehatan yang menyelenggarakan pelayanan kesehatan perorangan secara paripurna salah satunya adalah pelayanan farmasi. Kepuasan pasien tidak dapat dipisahkan dari kualitas pelayanan kesehatan. Pelayanan farmasi yang memuaskan di rumah sakit akan mendorong pasien untuk merekomendasikannya kepada orang lain sebagai tempat rujukan untuk pengobatan.

Tujuan: Untuk mengetahui gambaran kepuasan pasien BPJS terhadap pelayanan kefarmasian di Rumah Sakit Islam Jakarta Cempaka Putih Pada Mei – Juni Tahun 2024

Metode: Jenis penelitian ini adalah survei deskriptif kuantitatif metode non-probability sampling berdasarkan teknik accidental sampling yang merupakan cara pengambilan sampel dengan aspek kebetulan bertemu pasien yang sedang menebus resep. Populasi yang digunakan adalah pasien dengan sampel 110 responden. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner SERVQUAL (Service Quality). Analisis data mencakup analisis univariat digunakan untuk melihat persentase gambaran tentang kepuasan mutu pelayanan kefarmasian.

Hasil: Mayoritas responden berjenis kelamin perempuan (72,73%) dan berusia 56-65 tahun (40%). Persentase kepuasan responden terhadap dimensi tangible (berwujud) sebanyak 78%, dimensi reliability (kehandalan) menyatakan sangat puas sebanyak 84%, dimensi responsiveness (ketanggapan) menyatakan sangat puas sebanyak 81%, dimensi assurance (jaminan) menyatakan sangat puas sebanyak 85%, dimensi empathy (empati) menyatakan sangat puas sebanyak 83%. Persentase kepuasan secara keseluruhan sebesar 82%.

Kesimpulan: Tingkat kepuasan pasien BPJS berdasarkan model SERVQUAL (Service Quality) secara keseluruhan menunjukkan hasil yaitu sangat puas dengan total rata-rata seluruh dimensi mencapai 82%.

Kata Kunci: Kepuasan, SERVQUAL, BPJS.


Ketersediaan
#
Kampus B (9A) 001.43 Far-D3-2024 Emi g
AK00000000544002
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
001.43 Far-D3-2024 Emi g
Penerbit
Jakata,Poltekkes Jakarta II : Jurusan Farmasi., 2024
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
001.43 Far-D3-2024 Emi g
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
2024
Subjek
Kepuasan, SERVQUAL, BPJS.
Info Detail Spesifik
Ulya Safrina(P1); Surahman(P2); Purnama Fajri(P3); Yetri Elisya(P4); D3-FAR-2024: P24840121036
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Gambaran Kepuasan Pasien BPJS Rawat Jalan terhadap Pelayanan Farmasi Rumah Sakit Islam Jakarta Cempaka Putih Tahun 2024
  • Gambaran Kepuasan Pasien BPJS Rawat Jalan terhadap Pelayanan Farmasi Rumah Sakit Islam Jakarta Cempaka Putih Tahun 2024
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar


NPP 3174072C0000001

Link

  • Web Utama
  • Web Perpustakaan
  • Repository
  • KINK
  • Eresources PNRI

Kontak Kami

Perpustakaan Poltekkes Kemenkes Jakarta II
Jalan Hang Jebat III/F3 Kebayoran Baru Jakarta 12120

Telp.: +6221-7397641
Email: perpus@poltekkesjkt2.ac.id

Cari


Download

Tumbuh Bersama

Tumbuh bersaama kami dengan pengetahuan yang menakjubkan

Temukan, Pelajari, Berkembang

Perpustakaan, Membangkitkan Keajaiban Lintas Generasi

Nyalakan Masa Depan Anda

Alat dan Panduan untuk Perjalanan Setiap Pembelajar

Baca. Jelajahi. Raih

Dimana Imajinasi Menjadi Kenyataan


Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik