Skripsi
Perbedaan Tingkat Pengetahuan, Sikap dan Tindakan Sebelum dan Sesudah Dilakukan Penyuluhan Tentang Isi Piringku dengan Media Poster Pada Siswa Kelas 8 MTs N 6 Jakarta
Status gizi merupakan salah satu indikator keberhasilan pembangunan kesehatan. Saat ini, Indonesia sedang menghadapi masalah (triple burden of malnutrition) yaitu gizi lebih, gizi kurang dan defisiensi mikronutrien. Pada remaja, masalah gizi yang umum ditemukan antara lain adalah pendek, kurus, kegemukan, obesitas dan anemia. Salah satu upaya menanggulangi masalah gizi kurang dapat melalui edukasi penyuluhan. Upaya edukasi dalam hal ini diperlukan dalam rangka meningkatkan perilaku mengatasi masalah status gizinya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan pengetahuan, sikap, dan tindakan sebelum dan sesudah dilakukan penyuluhan tentang isi piringku dengan media poster pada siswa kelas 8 MTs N 6 Jakarta. Penelitian ini merupakan Pre-Eksperimen dengan desain One Group Pre-Post Test. Penelitian ini menggunakan alat bantu kuesioner, formulir food recall 24 jam, dan media poster. Responden dalam penelitian ini berjumlah 46 siswa yang diambil secara non random sampling (purposive sampling). Berdasarkan hasil uji paired T-test two tail dan uji Wilcoxon Signed Rank Test menunjukkan bahwa ada perbedaan pada pengetahuan (p=0,000), sikap (p=0,000), energi (p=0,000), protein (p=0,000), lemak (p=0,000), dan karbohidrat (p=0,001) sebelum dan sesudah diberikan penyuluhan tentang isi piringku dengan media poster. Pemberian penyuluhan tentang isi piringku dengan media poster dapat meningkatkan pengetahuan, sikap, dan asupan zat gizi. Oleh karena itu, penyuluhan terkait isi piringku dapat dilakukan secara berkelanjutan sebagai upaya pencegahan terhadap masalah gizi pada remaja.
Tidak tersedia versi lain