Karya Tulis Ilmiah
Hubungan Tingkat Literasi Kesehatan Digital Terhadap Perilaku Ibu Rumah Tangga Tentang Pembelian Obat Secara Online di RW 05 Kelurahan Pulogebang Jakarta Timur Tahun 2024
Pendahuluan: Perkembangan teknologi yang pesat membawa perubahan pada
seluruh aspek kehidupan manusia, termasuk pada perilaku masyarakat dalam
membeli obat dan mencari informasi kesehatan. Kemajuan teknologi mendorong
digitalisasi dalam pelayanan kefarmasian, seperti terbentuknya apotek online.
Perubahan ini perlu dipahami oleh masyarakat dalam menggunakan obat yang
rasional perlu diikuti dengan literasi kesehatan digital yang baik.
Tujuan: Mengetahui hubungan tingkat literasi kesehatan digital terhadap perilaku
ibu rumah tangga tentang pembelian obat secara online di RW 05 Kelurahan
Pulogebang Jakarta Timur.
Metode: Penelitian ini menggunakan rancangan cross-sectional dengan cara mixed
method secara kuantitatif melalui survei dan kualitatif dengan wawancara semi
terstruktur.
Hasil: Sebanyak 110 responden telah mengisi kuisioner dan 5 orang yang mengisi
kuisioner telah diwawancarai. Mayoritas ibu rumah tangga berusia dewasa (19-44
tahun) (69,1%), memiliki pendidikan terakhir menengah (62,7%), dan
berpendapatan < Rp 5.000.000 (47,3%). E-commerce (47,3%) menjadi pilihan
terbesar responden dalam membeli obat secara online, kategori obat yang sering
dibeli berupa vitamin/suplemen (40,6%) termasuk ke dalam obat tanpa resep dokter
(80,9%), frekuensi pembelian obat sekali dalam sebulan (75,5%). Hasil rata-rata
skor e-HEALS adalah 32,35 dari 40 dengan tingkat literasi kesehatan yang baik
(72,7%). Terdapat hubungan yang signifikan antara usia (p = 0,048) dan pendapatan
(p = 0,026) dengan tingkat literasi kesehatan digital. Tidak terdapat hubungan
signifikan antara tingkat literasi kesehatan digital dengan perilaku pembelian obat
secara online (p > 0,05).
Kesimpulan: Mayoritas ibu rumah membeli obat secara online melalui ecommerce karena lebih praktis dan harga produk lebih murah dengan tingkat literasi
kesehatan digital yang baik.
Kata Kunci: Perilaku, Pembelian Obat Online, Apotek Online, Literasi Kesehatan
Digital
Tidak tersedia versi lain