Karya Tulis Ilmiah
Gambaran Kualitas Makanan dan Kualitas Pelayanan Di Kantin SMA Negeri 44 Jakarta
Kantin sekolah adalah tempat di sekolah dimana segenap warga sekolah dapat
membeli pangan jajanan, baik berupa pangan siap saji maupun pangan olahan.
Penjamah makanan mempunyai peranan penting dalam pengolahan makanan
karena dapat menularkan penyakit. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui
gambaran kualitas makanan dan kualitas pelayanan di kantin sekolah SMA Negeri
44 Jakarta. Data yang dikumpulkan meliputi karakteristik responden seperti usia
dan jenis kelamin. Rancangan penelitian yang digunakan adalah pendekatan potong
lintang atau cross sectional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas makanan
pada kantin menyatakan baik sebesar 71,2% dan kualitas pelayanan pada kantin
menyatakan kurang sebesar 75,8%. Jika dikaitan dengan karakteristik ternyata
proporsi siswa yang menyatakan baik adalah usia 16-18 dan berjenis kelamin laki-
laki, sementara proporsi siswa yang menyatakan pelayanan kurang tidak
berhubungan dengan karakteristik umur maupun jenis kelamin. Berdasarkan hasil
pengamatan disarankan kepada sekolah untuk memberikan pelatihan kepada
penjual makanan untuk dapat memberikan pelayanan yang lebih baik lagi kepada
siswa/i dan disarankan kepada pihak sekolah untuk mengatur jam istirahat siswa/i
menjadi beberapa sesi dari setiap kelas diberikan jeda waktu istirahat yang berbeda
untuk meminimalisir kepadatan kantin.
Tidak tersedia versi lain