Karya Tulis Ilmiah
Perubahan Pengetahuan dan Sikap Tentang Gizi Seimbang Sebelum dan Sesudah Diberikan Penyuluhan dengan Media Cakram Gizi Pada Siswa Kelas VIII Di SMP YADIKA 11
Latar Belakang : Data Riskesdas 2018 menunjukkan gambaran konsumsi pangan masyarakat Indonesia yang belum sesuai dengan pesan gizi seimbang. Terutama para siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) yang ditemukan memiliki pengetahuan dan sikap negatif terhadap gizi seimbang, berhubungan dengan kurangnya informasi mengenai gizi dan kesehatan menjadi salah satu indikator kurangnya tingkat pengetahuan siswa tentang gizi seimbang. Ditambah lagi dengan kebiasaan remaja mengonsumsi makanan rendah gizi, makanan cepat saji, pola perilaku tidak sarapan, dan kurangnya konsumsi air putih. Tujuan: Mengetahui Perubahan Pengetahuan dan Sikap Tentang Gizi Seimbang Sebelum dan Sesudah Diberikan Penyuluhan dengan Bantuan Media Cakram Gizi pada Siswa Kelas VIII Di SMP Yadika 11. Metode: Penelitian ini dilakukan dengan desain penelitian one group pre test – post test dengan pengambilan sampel menggunakan total sampling yaitu sebanyak 38 orang. Pengambilan data karakteristik responden berupa umur, jenis kelamin, dan sumber informasi. Pengambilan data pengetahuan dan sikap diperoleh dengan pengisian kuesioner pre-test dan post-test¬. Hasil dan Kesimpulan: Terdapat 6 orang (60%) memiliki perubahan pengetahuan diatas rata – rata berdasarkan sumber informasi. Kemudian terdapat 13 orang (81,3%) memiliki perubahan sikap diatas rata – rata berdasarkan jenis kelamin.
Tidak tersedia versi lain