Karya Tulis Ilmiah
Gambaran Pengetahuan dan Sikap Sarapan Pagi Sebelum dan Sesudah Penyuluhan dengan Media Video Animasi pada Siswa/i Kelas V SDN Cempaka Putih Barat 07 Jakarta Pusat
Anak sekolah merupakan kelompok yang sedang mengalami perkembangan kebutuhan zat gizi, pembentukan kepribadian dan kebutuhan asupan makanan yang meningkat. Berdasarkan hasil analisis dari data sekunder Riskesdas 2010 diketahui bahwa dari 35.000 anak usia sekolah di Indonesia menunjukkan hampir 44,6% anak yang sarapan hanya memperoleh asupan energi kurang dari 15% kebutuhan harian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran pengetahuan dan sikap tentang sarapan pagi sebelum dan sesudah penyuluhan dengan media video animasi pada siswa/i kelas V SDN Cempaka Putih Barat 07 Jakarta Pusat. Penelitian ini menggunakan Pra Eksperiment One Group Pretest-Posttest dengan pengambilan sampel secara simple random sampling sebanyak 46 responden. Analisis data dilakukan secara deskriptif dan uji Wilcoxon. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan pengetahuan tentang sarapan sebelum dan sesudah penyuluhan menggunakan video animasi pada kategori baik dari 0% menjadi 37%, sikap dengan kategori positif dari 50% menjadi 65,2%. Terdapat perbedaan signifikan nilai pengetahuan sebelum dan sesudah dengan nilai 52,02 menjadi 66,28 dengan selisih 14,26 poin dan nilai sikap sebelum dan sesudah dengan nilai 36,02 menjadi 37,32 dengan selisih 1,3 poin. Untuk mendukung program pemerintah, pihak sekolah diharapkan dapat membuat program sarapan bersama dengan membawa bekal sesuai isi piringku, agar siswa terbiasa untuk sarapan.
Tidak tersedia versi lain