Karya Tulis Ilmiah
Pengaruh Penyuluhan dengan Media Pop Up Book terhadap Pengetahuan tentang Label Makanan Kemasan Siswa/I Kelas V SDN Jatibening Baru 1
Kebiasan mengkonsumsi makanan kemasan pada anak sekolah dasar berdampak dalam pemenuhan gizi yang dapat menyebabkan timbulnya pola konsumsi yang salah. Data Riskesdas 2018 menunjukkan bahwa anak usia 10-14 tahun memiliki kebiasaan konsumsi makanan berisiko > 1 kali per hari meliputi kebiasan konsumsi makanan manis (50,4%), minuman manis (61,86%), makanan asin (31,4%) dan makanan berlemak (44,2%). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penyuluhan dengan media Pop Up Book terhadap pengetahuan tentang label makanan kemasan siswa/i kelas V SDN Jatibening Baru 1. Desain penelitian yang digunakan one group pre-test post-test. Jumlah sampel 45 orang yang diambil secara purposive sampling. Pengambilan data karakteristik responden berupa jenis kelamin dan pengetahuan label makanan kemasan diperoleh dengan pengisian kuesioner. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat peningkatan pengetahuan dari cukup 8,9% menjadi 48,9%, pengetahuan baik meningkat menjadi 13,3%, dan penurunan pengetahuan kurang dari 91,1% menjadi 37,8%. Media Pop Up Book dapat digunakan sebagai tambahan media informasi dalam memberikan pelajaran di sekolah dalam meningkatkan pengetahuan terkait label makanan kemasan pada siswa/i.
Tidak tersedia versi lain