Karya Tulis Ilmiah
Gambaran Tingkat Pengetahuan Gizi Seimbang, Tingkat Asupan Energi, Asupan Zat Gizi Makro, Tingkat Aktivitas Fisik, dan Status Gizi (IMT/U) pada Siswa/i Kelas X SMA Taman Harapan 1 Bekasi
Status gizi adalah keadaan tubuh karena konsumsi makanan dan penggunaan zat-zat gizi. Status gizi dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu faktor langsung dan faktor tidak langsung. Faktor langsung yang mempengaruhi status gizi adalah asupan makanan sehari-hari, aktivitas fisik. Faktor tidak langsung status gizi adalah pengetahuan gizi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui gambaran tingkat pengetahuan gizi seimbang, tingkat asupan energi, asupan zat gizi makro, tingkat aktivitas fisik, dan status gizi (IMT/U) pada siswa/i kelas X SMA Taman Harapan 1 Bekasi. Penelitian ini bersifat deskriptif dengan desain penelitian cross sectional yang dilakukan pada 62 siswa/i kelas X SMA Taman Harapan 1 Bekasi. Teknik pengambilan sampel yang dilakukan secara acak (proposional simple random sampling). Instrumen berupa formulir data diri dan status gizi, formulir tingkat pengetahuan gizi seimbang, kuesioner PAL, Formulir food recall 2x 24 jam, timbangan digital, microtoa. Hasil penelitian univariat didapatkan sebagian besar siswa/i memiliki status gizi baik (59,7%), tingkat pengetahuan gizi seimbang baik (85,5%), tingkat asupan energi kurang (69,4%), protein kurang (66,1%), lemak kurang (71%), karbohidrat kurang (80,6%), dan tingkat aktivitas fisik ringan (54,8%). Siswa/i dengan status gizi baik memiliki tingkat pengetahuan gizi seimbang cukup (77,8%), tingkat asupan energi lebih (100%), asupan protein cukup (81,3%), asupan lemak cukup (84,6%), asupan karbhidrat cukup (100%), dan tingkat aktivitas fisik sedang (72,7%). Bagi siswa/i sebaiknya meningkatkan konsumsi makanan bergizi seimbang, dan rajin berolahraga. Perlu dilakukan edukasi mengenai pedoman gizi seimbang.
Tidak tersedia versi lain