Karya Tulis Ilmiah
Gambaran Tingkat Pengetahuan Gizi, Pola Makan, Tingkat Aktivitas Fisik Dan Status Gizi (IMT/U) Pada Murid Kelas VII Dan VIII SMP Taman Harapan 1 Kota Bekasi
Remaja merupakan kelompok usia 10 – 18 tahun yang sangat sensitif terhadap masalah gizi karena remaja mengalami pertumbuhan dan perkembangan yang sangat pesat dibandingkan dengan kelompok usia sebelumnya. Oleh karena itu perlu memperhatikan keseimbangan antara pengeluaran dan masuknya asupan energi seperti melakukan aktivitas fisik agar tidak terjadi ketidakseimbangan energi yang dapat memicu masalah gizi lebih. Penelitian ini bertujuan mengetahui gambaran tingkat pengetahuan gizi, pola makan, tingkat aktivitas fisik, dan status gizi (IMT/U) pada kelas VII dan VIII SMP Taman Harapan 1 Kota Bekasi. Penelitian ini menggunakan desain penelitian Cross-Sectional. Instrumen berupa kuesioner karakteristik dan status gizi, angket pengetahuan gizi, angket pola makan, dan formulir Physical Activity Level (PAL). Analisis dilakukan dengan analisis univariat dan analisis deskriptif bivariat. Murid diambil dengan simple random sampling. Total yang diteliti 63 orang. Hasil analisis univariat didapatkan sebagian besar murid memiliki status gizi baik memiliki tingkat pengetahuan gizi baik (66,7%), pola makan tidak baik (52,0%), dan tingkat aktivitas fisik ringan (64,9%). Sedangkan hasil analisis bivariat yaitu murid yang berstatus gizi baik lebih banyak (66,7%) pada mereka yang tingkat pengetahuan gizi tergolong baik dibandingkan dengan tingkat pengetahuan gizi cukup dan kurang yaitu 51,7% dan 42,9%, murid yang berstatus gizi baik lebih banyak (76,9%) pada mereka yang pola makan tergolong baik dibandingkan dengan pola makan yang tidak baik yaitu 52,0%, dan murid yang berstatus gizi baik lebih banyak (58,5%) pada mereka yang tingkat aktivitas fisik tergolong ringan dibandingkan dengan tingkat aktivitas fisik sedang dan berat yaitu 50,0% dan 56,3%.
Tidak tersedia versi lain