Skripsi
PERBEDAAN PENGETAHUAN, SIKAP, DAN TINDAKAN TENTANG SAYUR DAN BUAH DENGAN PENYULUHAN MEDIA ULAR TANGGA PADA SISWA/I SDN CIPINANG BESAR SELATAN 08 PAGI DI JAKARTA TIMUR
Sayuran dan buah-buahan merupakan sumber berbagai serat, vitamin, dan mineral. Berdasarkan data Riskesdas tahun 2018, kurang konsumsi sayur dan buah umur ≥5 tahun sebesar 95,5%. Dampak kurang sayur dan buah antra lain, risiko sembelit (konstipasi), penurunan kekebalan tubuh, gangguan penglihatan mata, dan peningkatan risiko obesitas. Media penyampaian pesan yang mudah diterima oleh anak sekolah dasar adalah media permainan ular tangga (Wati, 2021). Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui perbedaan pengetahuan, sikap, dan tindakan tentang sayur dan buah dengan penyuluhan media ular tangga pada siswa/i SDN Cipinang Besar Selatan 08 Pagi di Jakarta Timur. Penelitian ini dilakukan dengan metode Pre-Eksperimen dengan pancangan One Group Pretest-PostTest Design. Jumlah responden penelitian ini adalah 48 responden yang diambil dengan metode purposive sampling. Analisis dilakukan dengan uji Wilcoxon dan uji Paired Sample T-Test untuk mengetahui perbedaan tingkat pengetahuan, sikap, dan tindakan tentang sayur dan buah. Hasil analisis data menunjukkan adanya perbedaan signifikan pada pengetahuan responden (p=0,000), sikap responden (p = 0,000), dan tidak ada perbedaan signifikan pada tindakan konsumsi responden (p = 0,392) pada sayur dan (p = 0,283) pada buah. Permainan ular tangga sebagai media penyuluhan gizi dapat digunakan untuk meningkatkan pengetahuan dan sikap siswa/i.
Tidak tersedia versi lain