Skripsi
Perbedaan Pengetahuan dan Keterampilan Pengelola Makanan Sebelum dan Sesudah Pelatihan Gizi Seimbang Remaja pada Penyelenggaraan Makanan di Boarding School Al-Qudwah Kabupaten Lebak Provinsi Banten
Pengetahuan dan keterampilan gizi seimbang remaja pengelola makan pada
penyelenggaraan makanan Boarding School Al-Qudwah dapat berpengaruh
terhadap pemenuhan kebutuhan gizi santri/santriwati penghuni asrama. Kurangnya
pengetahuan dan keterampilan gizi seimbang remaja pada pihak pengelola makan
dapat ditingkatkan dengan cara memberikan pelatihan. Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui pengetahuan dan keterampilan pengelola makanan pada
penyelenggaran makanan di Boarding School Al-Qudwah Kabupaten Lebak
Provinsi Banten sesudah diberikan pelatihan gizi seimbang untuk remaja. Penelitian
ini menggunakan metode eksperimen kuasi dengan desain penelitian One Group
Pretest Postest. Pengambilan sampel pada penelitian ini dilakukan dengan metode
Total Sampling dan didapatkan 16 responden dengan karakteristik yang
dikelompokan berdasarkan umur, tingkat pendidikan dan pengalaman kerja. Hasil
penelitian menunjukkan Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi perbedaan
pada pengetahuan dan keterampilan pengelola makanan sebelum dan sesudah
pelatihan gizi seimbang (sig < 0,05). Disarankan untuk mengikuti lebih banyak
edukasi gizi yang dapat melatih keterampilan secara teratur.
Tidak tersedia versi lain