Skripsi
Perbedaan Pengetahuan, Sikap dan Motivasi Konsumsi Air Putih Sebelum dan Sesudah Diberikan Penyuluhan Melalui Media Video Infografis pada Siswa Mi Sirojul Muslimin Jakarta Selatan
Rata-rata konsumsi air putih anak-anak usia 10-12 tahun yaitu 1.3 liter/hari, masih kurang dari jumlah yang dianjurkan yaitu 1.8 liter/hari atau setara dengan 8 gelas perhari. Kurangnya pengetahuan, sikap dan motivasi tentang konsumsi air putih dapat memberikan peluang untuk tidak memperhatikan asupan air putih. Penelitian ini bertujuan untuk menilai perbedaan pengetahuan, sikap dan motivasi konsumsi air putih sebelum dan sesudah diberikan penyuluhan melalui media video infografis pada siswa sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan Pre-Eksperimental dengan desain One Group Pre-Post Test. Pengambilan sampel menggunakan Purposive Sampling dan didapatkan 39 responden siswa kelas V MI Sirojul Muslimin. Terdapat peningkatan pengetahuan pada kategori baik, peningkatan sikap pada kategori positif dan peningkatan motivasi pada kategori kuat. Berdasarkan hasil uji Wilcoxon Signed Rank Test dan Paired Simple T-test perbedaan pengetahuan anak usia sekolah dasar sebelum dan sesudah penyuluhan (p=0.000), sikap sebelum dan sesudah penyuluhan (p=0,001) dan motivasi sebelum dan sesudah penyuluhan (p=0,000). Perlu adanya dukungan pihak sekolah dan orang tua dalam meningkatkan konsumsi air putih responden.
Tidak tersedia versi lain