Skripsi
Perbedaan Pengetahuan, Sikap, dan Tindakan Sebelum dan Sesudah Diberikan Penyuluhan Tentang Jajanan Sehat dengan Media Video Animasi pada Siswa/I Kelas V Di SDN Tanjung Duren Utara 06 Jakarta Barat
Konsumsi dan kebiasaan jajan anak turut mempengaruhi kontribusi dan kecukupan energi dan zat gizinya yang berujung pada status gizi anak. Makanan jajanan yang dijual di luar sekolah pada umumnya telah terkontaminasi oleh udara kotor, sehingga hygiene dan sanitasinya kurang terjaga. Hal tersebut dapat mengakibatkan saluran pencernaan anak terganggu dan efek terburuknya dapat menyebabkan keracunan makanan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pengetahuan, sikap, dan tindakan sebelum dan sesudah diberikan penyuluhan tentang jajanan sehat dengan media video animasi pada siswa/i kelas V Di SDN Tanjung Duren Utara 06 Jakarta Barat. Jenis penelitian ini menggunakan one group pretest-posttest. Sampel penelitian berjumlah 59 siswa/i diambil secara total sampling. Pengetahuan, sikap dan tindakan responden dianalisi dengan menggunakan uji Wilcoxon dan Chi Square. Berdasarkan hasil uji Wilcoxon menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan pada pengetahuan, sikap, dan tindakan sebelum dan sesudah diberikan penyuluhan tentang jajanan sehat dengan media video animasi. Sedangkan tidak adanya hubungan antara jenis kelamin dengan pengetahuan, sikap dan tindakan. Melakukan penyuluhan dengan waktu yang lebih lama dan secara berulang untuk meningkatkan pengetahuan, sikap dan tindakan. Saran untuk pihak sekolah diharapkan adanya kerja sama dengan pihak puskesmas setempat untuk diaadakan program kantin sehat dan penyuluhan gizi terutama tentang jajanan sehat untuk meningkatkan pengetahuan, sikap, dan tindakan siswa/i.
Tidak tersedia versi lain