Skripsi
PERBEDAAN PENGETAHUAN, SIKAP DAN TINDAKAN SEBELUM DAN SESUDAH DIBERIKAN PENYULUHAN TENTANG KONSUMSI GULA, GARAM DAN LEMAK DENGAN MEDIA POWER POINT PADA REMAJA KELAS 11 DI SMAN 9 TANGERANG
Kebiasaan pola makan dan gaya hidup seperti budaya barat dapat mempengaruhi asupan gizi dan menimbulkan penyakit degeneratif pada remaja. Kurangnya pengetahuan mengenai konsumsi gula, garam dan lemak mempengaruhi sikap dan tindakan dalam pemilihan makanan. Penelitian ini bertujuan untuk menilai perbedaan pengetahuan, sikap dan tindakan konsumsi gula, garam dan lemak sebelum dan sesudah penyuluhan dengan media power point pada siswa kelas 11. Penelitian ini menggunakan Pre-Eksperimental dengan desain One Group Pre-Post Test. Pengambilan sampel menggunakan Purposive Sampling dengan 64 responden anggota osis kelas 11 SMAN 9 Tangerang. Berdasarkan hasil menunjukkan bahwa ada peningkatan sebelum dan sesudah penyuluhan pada pengetahuan dengan kategori baik dari 39% menjadi 76,5%, sikap dengan kategori positif dari 45,3% menjadi 67,2% dan penurunan pada tindakan dengan kategori sering dari 50% menjadi 28,1%. Berdasarkan hasil uji Wilcoxon Signed Rank Test menunjukkan bahwa adanya perbedaan yang signifikan pada pengetahuan, sikap dan tindakan sebelum dan sesudah penyuluhan. Untuk mendukung adanya perubahan dalam membatasi konsumsi GGL diharapkan setiap individu dapat mengontrol pemilihan makanannya dan pihak sekolah memberikan dukungan dengan mengadakan kantin sehat di sekolah.
Tidak tersedia versi lain