REPOSITORY


POLTEKKES KEMENKES JAKARTA II

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Help Information Statistik
Jelajahi ▼
Subject Year Author Prodi Jurusan Jenis
Home
Beranda Bantuan Informasi Statistik
Image of PERBEDAAN PENGETAHUAN ANAK SEKOLAH DASAR TENTANG EMPAT PILAR GIZI SEIMBANG SEBELUM DAN SETELAH DIBERIKAN PENYULUHAN MELALUI METODE BERNYANYI YANG DIKOMBINASIKAN DENGAN MEDIA LEAFLET SECARA TATAP MUKA LANGSUNG DI SDN GANDARIA UTARA 01 PAGI
Penanda Bagikan

Skripsi

PERBEDAAN PENGETAHUAN ANAK SEKOLAH DASAR TENTANG EMPAT PILAR GIZI SEIMBANG SEBELUM DAN SETELAH DIBERIKAN PENYULUHAN MELALUI METODE BERNYANYI YANG DIKOMBINASIKAN DENGAN MEDIA LEAFLET SECARA TATAP MUKA LANGSUNG DI SDN GANDARIA UTARA 01 PAGI

RIFQAH NURHABIBAH DAMANIK - Nama Orang;

Gizi optimal penting untuk pertumbuhan dan perkembangan semua kelompok umur
secara fisik dan intelektual. Pedoman Gizi Seimbang (PGS) merupakan acuan
perilaku sehat dan pedoman susunan makanan yang dikonsumsi sehari-hari yang
mengandung zat gizi dalam jenis dan jumlah yang sesuai dengan kebutuhan tubuh
disertai dengan empat prinsip, yaitu Empat Pilar Gizi Seimbang. Berdasarkan
Riskesdas tahun 2018, masih terdapat masalah gizi pada anak usia 5 hingga 12
tahun di seluruh Indonesia. Prevalensi status gizi berdasarkan IMT/U secara
nasional yaitu kurus 6,8%, gemuk 10,8%, dan obesitas 9,2%. Secara khusus, untuk
Kota Jakarta Selatan prevalensi status gizi berdasarkan IMT/U yaitu kurus 5,72%,
gemuk 15,80%, dan obesitas 11,56%. Hal ini menunjukkan bahwa meskipun
Indonesia memiliki PGS, prevalensi masalah gizi pada anak usia sekolah masih
signifikan. Tujuan penelitian adalah mengetahui perbedaan pengetahuan tentang
Empat Pilar Gizi Seimbang sebelum dan setelah diberikan edukasi melalui metode
bernyanyi dan media leaflet dengan tatap muka langsung pada anak sekolah dasar
di SDN Gandaria Utara 01 Pagi. Penelitian ini menggunakan jenis rancangan
penelitian praeksperimen dengan desain one group pre and post test design.
Populasi penelitian ini adalah siswa-siswi kelas IV dan V SDN Gandaria Utara 01
Pagi sebanyak 47 orang dengan teknik pengambilan sampel yaitu Total Sampling.
Analisis data menggunakan menggunakan Uji Wilcoxon. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa ada perbedaan pengetahuan sebelum dan setelah diberikan
intervensi dengan metode bernyanyi dan media leaflet dengan nilai ρ-value sebesar
0,0001 (ρ- value < 0,05). Kesimpulan: ada pengaruh penyuluhan dengan metode
bernyanyi dan media leaflet secara tatap muka langsung terhadap pengetahuan anak
sekolah dasar tentang empat pilar gizi seimbang.


Ketersediaan
#
Kampus A 001.43 GZ-D4-2024 Rif p
AK000000005411
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - For Reading
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
001.43 GZ-D4-2024 Rif p
Penerbit
Jakarta : Jurusan Gizi., 2024
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
001.43
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
2024
Subjek
media leaflet
Empat Pilar Gizi Seimbang
Metode Bernyanyi
Info Detail Spesifik
Rina Efiyanna(P1); Retno Ayu Widyastuti(P2); Syarief Darmawan(P3); D4-GZ-2024: P21331120055
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • PERBEDAAN PENGETAHUAN ANAK SEKOLAH DASAR TENTANG EMPAT PILAR GIZI SEIMBANG SEBELUM DAN SETELAH DIBERIKAN PENYULUHAN MELALUI METODE BERNYANYI YANG DIKOMBINASIKAN DENGAN MEDIA LEAFLET SECARA TATAP MUKA LANGSUNG DI SDN GANDARIA UTARA 01 PAGI
  • BAB 1 DAN 5 PERBEDAAN PENGETAHUAN ANAK SEKOLAH DASAR TENTANG EMPAT PILAR GIZI SEIMBANG SEBELUM DAN SETELAH DIBERIKAN PENYULUHAN MELALUI METODE BERNYANYI YANG DIKOMBINASIKAN DENGAN MEDIA LEAFLET SECARA TATAP MUKA LANGSUNG DI SDN GANDARIA UTARA 01 PAGI
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar


NPP 3174072C0000001

Link

  • Web Utama
  • Web Perpustakaan
  • Repository
  • KINK
  • Eresources PNRI

Kontak Kami

Perpustakaan Poltekkes Kemenkes Jakarta II
Jalan Hang Jebat III/F3 Kebayoran Baru Jakarta 12120

Telp.: +6221-7397641
Email: perpus@poltekkesjkt2.ac.id

Cari


Download

Tumbuh Bersama

Tumbuh bersaama kami dengan pengetahuan yang menakjubkan

Temukan, Pelajari, Berkembang

Perpustakaan, Membangkitkan Keajaiban Lintas Generasi

Nyalakan Masa Depan Anda

Alat dan Panduan untuk Perjalanan Setiap Pembelajar

Baca. Jelajahi. Raih

Dimana Imajinasi Menjadi Kenyataan


Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik