Karya Tulis Ilmiah
Pengetahuan Gizi Seimbang Siswa Sebelum dan Sesudah Penyuluhan di SDN Jatibening Baru | Bekasi
Pendidikan gizi dapat dilakukan dengan melakukan penyuluhan. Alat
peraga akan membantu dalam penyuluhan, agar pesan-pesan kesehatan
dapat disampaikan lebih jelas, dan masyarakat dapat menerima pesan
- tersebut dengan jelas~dan tetap. Salah satu alat peraga yang digunakan
adalah media -poster, yang mengutamakan pesan-pesan visual.
Sedangkan alasan -pemilihan gizi seimbang sebagai topik dalam
pendidikan gizi yang akan disampaikan adalah konsep empat sehat lima
sempurna sudah diubah menjadi gizi -seimbang dan_ sekaligus
mempromosikan konsep gizi seimbang di SDN Jatibening Baru I. - Tujuan penelitian mengetahui pengetahuan gizi seimbang siswa
sebelum dan sesudah penyuluhan. Pengambilan sampel secara purposive
sampling. Jumlah responden sebanyak 79 siswa.
Analisa data yaitu univariat dan bivariat dengan uji-T yaitu
membandingkan nilai pengetahuan gizi seimbang sebelum dan sesudah
penyuluhan dengan media poster. Hasilnya terdapat peningkatan
pengetahuan gizi seimbang antara pengetahuan gizi seimbang sebelum
dan sesudah penyuluhan. Adanya perbedaan yang bermakna secara
statistik yang dibuktikan dengan Pvalue-nya 0.000, yaitu < 0.05.
Pada hasil pre-test tidak ada perbedaan bermakna secarastatistik antara
tingkat pengetahuan? responden yang diberi penyuluhan dengan yang
tidak diberi penyuluhan dengan Pvalue 0.353.Sedangkan pada hasil posttest
antara responden yang diberi penyuluhan dengan yang tidak diberi
penyuluhan ada perbedaan bermakna secarastatistik yaitu Pvalue 0.000.
Mengingat hasil penelitian ini ada perbedaan bermakna secara
statistik antara pengetahuan siswa sebelum dan sesudah_ diberi
penyuluhan, maka disarankan untuk memberi penyuluhan kepada seluruh
siswa.
Tidak tersedia versi lain