Karya Tulis Ilmiah
Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Gizi Di Ruang Rawat Inap Kelas Ill Rumah Sakit Umum Daerah Bekasi
Rumah sakit sebagai salah satu institusi pelayanan kesehatan
masyarakat, mempunyai peran yang penting dalam upaya peningkatan
derajat kesehatan. Salah satu dari pelayanan penunjang medis yang
merupakan sub sistem dalam sistem pelayanan kesehatan paripurna
rumah sakit adalah pelayanan gizi. Program menjaga mutu diperlukan
sebagai suatu upaya untuk melihat kondisi yang mempengaruhi
pelayanan kesehatan gizi. Pengukuran kepuasan penggunaan layanan
kesehatan khususnya pelayanan gizi merupakan salah satu indikator
penting untuk mengetahui mutu pelayanan kesehatan. Pada Rumah Sakit
Umum Daerah Bekasi terjadi beberapa masalah dalam pelayanan gizi
yaitu penelitian yang sebelumnya dilakukan oleh HJ Ismet Anizar Anis
menyebutkan untuk persepsi sampel pada makanan rumah sakit pada
kategori kurang yaitu sebesar 58% (>20%). Dalam hal ini, penulis
berkeinginan untuk meneliti kembali di RSUD Bekasi.
Tujuan dilakukan penelitian ini adalah memperoleh _informasi
tentang tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan gizi di ruang rawat
inap kelas II| Rumah Sakit Umum Daerah Bekasi. Hasil analisis dari
penelitian adalah tidak ada hubungan yang bermakna antara karakteristik
pasien (jenis kelamin, usia, pendidikan, pekerjaan, dan diet) terhadap
tingkat tingkat kepuasan dan ada hubungan yang bermakna antara
persepsi pasien mengenai makanan yang disajikan dan konseling gizi
yang diberikan dengan tingkat kepuasan pasien.
Tingkat kepuasan pasien dalam pelayanan gizi yang diberikan
masih dalam kategori tidak puas yaitu sebesar 53,3%. Hal ini perlu
dilakukan pendekatan kepada pasien dan perlunya peningkatan mutu
pelayanan gizi yaitu peningkatan dalam hal cakupan pemberian konseling
keseluruh pasien yang ada di rawat inap dan memperhatikan dalam
kualitas makanan baik dari aspek penampilan mau pun rasa.
Tidak tersedia versi lain