Karya Tulis Ilmiah
Efektivitas Poster dan Bolket Gizi Seimbang terhadap perilaku siswa sekolah dasar kelas V di SDN 02 dan 03 larangan selatan tahun 2010
Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui efektifitas media poster dan booklet
gizi seimbang terhadap perilaku (P, S, T) siswa SD kelas V di dua SD yang
berbeda. Penelitian ini dilakukan di dua SD yaitu SDN 02 dan 03 Larangan
Selatan pada bulan April 2010. Rancangan penelitian yang digunakan adalah One
Group Pre test-Postest. Pengambilan sampel dilakukan secara stratified sampling.
Untuk uji efektifitas media digunakan uji T-test dengan derajat kemaknaan 95°.
Efektifitas dari sebelum dan sesudah dilakukan pemaparan dua media dilakukan
kurang lebih dua minggu dengan dua kali penjelasan oleh guru IPA. Media poster
dan booklet yang digunakan pada penelitian ini adalah media uji coba yang
dikembangkan oleh Diknas tahun 2007 kerjasama dengan Universitas Esa
Unggul. Setelah siswa dipaparkan dengan dua media selama dua minggu terjadi
peningkatan pengetahuan, sikap dan tindakan. Kelompok poster peningkatan
pengetahuan sebesar 33.38%, sikap sebesar 1.26% dan tindakan sebesar 8.53%.,
sedangkan pada booklet peningkatan pengetahuan sebesar 36.03%, sikap sebesar
1.4% dan tindakan sebesar 10.3%. setelah diuji T-test ternyata untuk sikap baik
poster maupun booklet tidak mengalami perbedaan yang bermakna saat sebelum
dan setelah dilakukan pemaparan media. Dari hasil peningkatan perilaku tersebut
ternyata booklet memiliki presentasi peningkatan yang lebih tinggi daripada
poster namun setelah itu diuji T-tes ternyata tidak ada perbedaan yang bermakna
antara poster dan booklet. Hal ini berarti baik poster maupun booklet memiliki
keefektifan yang sama dalam perubahan perilaku. Untuk peningkatan praktek
gizi seimbang pada setiap SD dapat diberikan media pendidikan gizi bisa dengan
poster maupun booklet. Sebaiknya pada kurikulum IPA perlu diberikan pokok
bahasan mengenai gizi seimbang disamping 4 sehat 5 sempurna.
Tidak tersedia versi lain