Skripsi
Analisis Faktor Risiko Kelelahan Kerja Subyektif Pada Supir Bus Transjakarta Koridor 3 (Kalideres-Pasar Baru) Jakarta Barat Tahun 2023
Provinsi DKI Jakarta sejak tahun 2004 telah menyediakan Bus Rapid Transit (BRT)
atau yang biasa dikenal sebagai Bus Transjakarta. Jumlah kecelakaan bus transjakarta
pada tahun 2021 mencapai 508 kecelakaan. Namun pada tahun 2022 jumlah
kecelakaan pada bus transjakarta mencapai 827. Kejadian kecelakaan lalu lintas di
Indonesia diperkirakan oleh faktor kesalahan manusia atau human eror masih
menempati urutan pertama penyebab terjadinya kecelakaan di Indonesia.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis faktor risiko kelelahan kerja
subyektif pada supir bus Transjakarta Koridor 3 (Kalideres-Pasar Baru) Jakarta Barat
Tahun 2023.
Penelitian ini menggunakan rancangan cross sectional dan data analisis menggunakan
chi square. Sampe dalam penelitian ini berjumlah 43 responden dengan subjek dalam
penelitian ini yang dilakukan pada supir bus Transjakarta Koridor 3 (Kalideres-Pasar
Baru) Jakarta Barat.
Hasil penelitian didapatkan bahwa supir bus yang mengalami kelelahan kerja tinggi
sebanyak 20,9% dan tidak terdapat hubungan antara variabel umur, status gizi, beban
kerja, masa kerja dengan kelelahan supir bus Transjakarta Koridor 3 (Kalideres-Pasar
Baru) Jakarta Barat Tahun 2023. Untuk variabel getaran tidak dapat dilakukan uji
hubungan di karenakan data yang didapatkan homogen atau seragam.
Tidak tersedia versi lain